Sabtu, 10 Juli 2010

MAKAN,Jangan Berlebihan dan Kekurangan Ya!

SEMUA orang tahu, makan dapat memberikan tenaga dan nutrisi, serta membuat tubuh jadi sehat dan kuat. Namun, makan pun tidak boleh berlebih dan kekurangan. Pasalnya, kondisi itu tidak baik untuk tubuh.

Bila Anda makan berlebih, maka ini akan membebani saluran cerna dan juga akan memberikan kalori yang berlebih. Tentu saja yang akan menyebabkan Anda kegemukan.

Sebaliknya, bila kekurangan pasokan makanan, maka tubuh akan kekurangan sumber energi sehingga tubuh akan terasa lemah dan tidak dapat melakukan aktivitas yang baik. Dengan kata lain, Anda dituntut pandai dalam memilih jenis makanan yang berpedoman gizi seimbang.

"Jenis makanan harus lengkap mengandung sebagian besar (sekitar 50 sampai 60 persen) bahan makanan sumber karbohidrat seperti nasi putih, nasi merah, roti, kentang, bihun, sereal, oatmeal, dan singkong. Sekitar 20 sampai 30 persen bahan makanan sumber lemak seperti; minyak, susu, kelapa, lemak ayam dan lemak ikan. Perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Serta hindari makanan yang merangsang lambung Anda seperti pedas dan asam yang akan berisiko terjadinya sakit maag karena dapat merangsang produksi asam lambung jadi berlebihan," ujar dr Sri Sukmaniah, SpGK saat presentasinya dalam konferensi pers Gerakan Lambung Sehat Indonesia di Rumah Makan Anglo, Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (8/7/2010).

Dalam kesempatan yang sama, Sinteisa Sunarjo selaku Group Brand Manager Kalbe Farma menjelaskan, makan dengan gizi seimbang juga harus diikuti dengan makanan dengan nutrisi yang tepat.

"Tepat nutrisi, cukup kalori, gizi, sehingga saluran pencernaan bisa mencerna dengan baik," imbuhnya.

Masyarakat di usia lanjut memerlukan pengaturan makan yang lebih khusus. Khususnya jumlah dan jadwal makan. Mengingat fungsi saluran cerna pada usia lanjut sudah mulai menurun termasuk sudah mulai berkurangnya kerja dari enzim saluran cerna yang berfungsi mencerna berbagai bahan makanan, sehingga pada usia lanjut sebaiknya mengikuti pola makan porsi kecil tetapi jadwal makannya lebih sering, dan perbanyak makan sayur dan buah-buahan agar tidak sulit buang air besar.
Sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2010/07/09/27/351339/makan-jangan-berlebih-dan-kekurangan-ya


Related Articles



0 komentar:

Posting Komentar

Headline Animation

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites