Jumat, 24 Desember 2010

Bagaimana Cara Windows Defender Melindungi PC Anda?


Microsoft selalu mendapatkan kritikan karena masalah keamanan Windows. Selama bertahun-tahun Microsoft telah menambahkan berbagai fitur keamanan untuk sistem operasi Windows terbaru dalam upaya untuk menghilangkan reputasi buruknya. Fitur yang Microsoft hadirkan termasuk aplikasi seperti Windows Action Center, Microsoft Security Essentials, dan Windows Defender.

Windows Defender adalah aplikasi anti-spyware built-in dalam Windows. Program ini bukan bukan merupakan Antivirus,  meskipun hanya memiliki kemampuan terbatas untuk menemukan dan menghapus ancaman keamanan. Fungsi utamanya adalah untuk menemukan dan menghapus spyware yang bisa memperlambat PC Anda. Mari kita lihat apa yang Windows Defender tawarkan.

Anti-Spyware Protection



Tujuan utama dari software anti-spyware adalah untuk melindungi dari spyware, dan itu yang bisa dilakukan oleh Windows Defender. Seperti kebanyakan program-program Antispyware, metode utama perlindungan adalah good old-fashioned scan. Ada tiga pilihan yang tersedia pada Windows Defender quick scan, full scan dan custom scan. Fitur quick scan dan full scan berperilaku seperti yang Anda harapkan, sedangkan custom scan memungkinkan Anda memindai drive dan folder spesifik pada seluruh PC.



Windows Defender juga dapat menjalankan scan secara otomatis. Fitur ini dapat diatur di bagian Automatic scanning pada menu Options.

Real-Time Protection



Windows Defender tidak hanya berusaha untuk menemukan spyware bila Anda memeriksa PC Anda. Ia juga memiliki perlindungan real-time, yang dirancang untuk menghentikan spyware yang terdeteksi di sistem Anda. Fitur-fitur ini dapat ditemukan pada menu Options, dan diaktifkan secara default.

Perlindungan real-time mencakup kemampuan untuk memindai file dan lampiran yang Anda download untuk menentukan apakah mereka membawa spyware. Windows Defender dapat memperingatkan Anda dan akan meng-karantina atau menghapus file-file tersebut jika Anda inginkan. Selain itu, program ini dapat mencegah spyware yang secara aktif berusaha untuk berjalan pada PC Anda.  Seperti dengan download file, Windows Defender dapat memperingatkan Anda jika ada program pada PC Anda dikenal sebagai spyware.

Reaksi dari tingkat keparahan pada Windows Defender untuk item yang terdeteksi dapat ditemukan di bagian Default actions dari menu Options. Secara default, program akan mengambil tindakan yang direkomendasikan berdasarkan spyware yang ditemukan. Namun, Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan ini untuk memastikan spyware secara otomatis dikarantina atau dihapus tanpa peduli apa pun jenis ancaman yang ditemukan.

Peer Protection With SpyNet Community

Microsoft SpyNet adalah jaringan pengguna Windows Defender dan Microsoft Security Essentials yang membantu menentukan program mana yang diklasifikasikan sebagai spyware. Diciptakan untuk setiap program yang diajukan oleh pengguna produk yang tersedia untuk semua pengguna, ditampilkan sebagai grafik yang menunjukkan persentase orang yang telah diizinkan, diblokir, atau dihapus.  Metode klasifikasi spyware memungkinkan spyware langka, tidak diketahui, atau yang baru, yang telah dikategorikan oleh beberapa orang untuk kemudian mengirim data mereka.

Microsoft SpyNet adalah salah satu contoh nama dari cloud malware protection. Gagasan di balik itu adalah untuk membuat kelompok terpandai dari pakar keamanan yang pernah bisa mendeteksi semua spyware sepanjang waktu. Selalu ada spyware baru, atau spyware tua yang menyelinap melalui celah-celah keamanan. Satu-satunya cara untuk meminimalkan masalah ini adalah untuk menangkap permasalahan yang terjadi, dan itu berarti Anda sebagai pengguna komputer diharuskan untuk mendaftar.


Related Articles



0 komentar:

Posting Komentar

Headline Animation

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites