Sabtu, 11 Desember 2010

Situs Symbian.org Akan Resmi Ditutup 17 Desember Mendatang


Beberapa waktu yang lalu sistem operasi symbian memang telah diambil alih pengembangannya oleh Nokia sendiri. Namun seolah mengubah rencana semula, Symbian Foundation malah mengatakan bahwa pihaknya akan mengurangi operasi sehari-hari, termasuk menutup situs resminya (Symbian.org) 17 Desember mendatang. Tak hanya situs, forum lain semisal @Symbian Twitter dan Symbian.org fan Page di Facebook sepertinya juga akan dihentikan.

Meski situs resminya akan ditutup, namun konten dalam situs tersebut, seperti source code, kits, wiki, bug database, reference documentation & Symbian Ideas akan tersedia dalam bentuk DVD atau USB mulai bulan Februari 2011 mendatang. Selain itu, Symbian Signed juga dikabarkan akan terus beroperasi, seperti halnya komunitas Symbian yang berada di luar Symbian Foundation.

Terkait penutupan situs resminya ini Symbian Foundation menyatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Nokia untuk mencari cara terbaik untuk menyediakan dokumentasi resmi. Penutupan situs Symbian juga dipandang perlu karena peran Symbian sebagai perusahaan sekarang ini hanya terbatas pada lisensi dan hak pemakaian karena Nokia telah mengambilalih pengembangan Symbian. Keputusan Nokia untuk mengambil akses ini disinyalir karena Samsung dan Sony Ericsson telah ‘meninggalkan’ Symbian beberapa bulan yang lalu.

Apakah Nokia mampu mengembalikan kejayaan Symbian yang telah digeser dari para pesaingnya, kita tunggu saja gebrakannya.

(Tabloid Pulsa)


Related Articles



0 komentar:

Posting Komentar

Headline Animation

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites